Widarapayung Beach

















Widarapayung merupakan objek wisata pantai dengan luas seluruh areal pantai mencapai 500 hektar terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun atau terletak ± 35 km arah timur dari Kota Cilacap. Kondisi pantainya sangat landai dengan naungan pohon kelapa sehingga menjadikan pantai ini sejuk. Sedangkan luas kawasan yang ditetapkan sebagai Obyek Wisata Pantai Indah Widarapayung adalah sekitar 30 Ha (1000 m x 300 m)

Fasilitas yang ada di Pantai Indah Widarapayung: jalan yang beraspal, juga ada akses jalan menuju pantai ketapang indah, Shelter (tempat berteduh), Gardu Pandang, Kolam Renang, Tempat Parkir, Warung Makan, dan Kesenian Daerah pada saat tertentu. Pada bulan syura dilakukan Upacara Ritual Adat Tradisional Sedekah Bumi untuk larungan sesaji ke laut dengan diiringi kesenian daerah dan Pakaian Adat. Upacara Sedekah Bumi adalah merupakan salah satu perwujudan ungkapan rasa syukur yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar Desa Widarapayung agar diberi keberkahan, keselamatan dalam sehari – harinya oleh Tuhan.

Obyek ini menawarkan panorama pantai yang indah, upacara adat dan kesenian daerah, gelombang laut yang relatif teratur dan cocok untuk Selancar air.

Petunjuk Arah Menuju Pantai Widarapayung.
Dari arah timur : melewati perbatasan Kebumen (Pantai Ayah) – Cilacap (Pantai Jetis) dengan menyeberangi Jembatan Kali Bodo – ke arah barat – menuju lokasi di sebelah kiri jalan.
Dari arah barat : dari Kota Cilacap – Adipala – ke arah timur menuju Kec. Binangun – mencapai lokasi di sebelah kanan jalan.
Dari arah utara: Dari Kota Purwokerto, menuju selatan menuju arah kecamatan Kroya (kab. Cilacap). dari perempatan kroya, menuju ke timur sampai perempatan desa Pucung kidul. dari perempatan inilah anda kembali ke selatan, dengan melewati kecamatan binangun, terus keselatan hingga menuju pantai.Angkutan umum yang ada: Bus jurusan Cilacap – Gombong

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti kode treatment atau comment pada memo laboratorium batu mulia