Komputer dan Saudaranya

Baik teman- teman, buat orang gaptek seperti saya tentu pengen tau sebenarnya apa sih arti dari alat-alat teknologi berbau komputer? emang komputer apaan? laptop sih apa? PDA, smartphone waduh artinya mirip-mirip. berikut saya tampilkan alakadarnya penjelasan istilah-istilah tersebut yang telah saya rangkum.
TABLET PC
Tablet PCDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasLangsung ke: navigasi, cariTablet PC adalah laptop - atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada).
Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.
Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas (lihat gambar 2 kiri). Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.
LAPTOPKomputer jinjingDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas(Dialihkan dari Laptop)Langsung ke: navigasi, cari Tampilan sebuah laptop.Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.
Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
[sunting] Produsen dan merek
Komputer mejaDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas(Dialihkan dari Komputer desktop)Langsung ke: navigasi, cari Komputer meja dengan tampilan LCD dan prosesor Intel Core 2 DuoKomputer meja (bahasa Inggris: desktop computer atau cukup desktop saja) adalah komputer pribadi yang ditujukan untuk penggunaan secara umum di satu lokasi yang berlawanan dengan komputer jinjing atau komputer portabel. Periferal-periferal komputer meja seperti tampilan komputer, CPU, dan papan ketik terpisah satu sama lain dan relatif berukuran besar (juga berlawanan dengan periferal pada komputer jinjing yang terintegrasi dan berukuran kecil). Komputer jenis ini dirancang untuk diletakkan dan digunakan di atas meja di rumah atau kantor. Komputer meja merupakan komputer yang paling terjangkau dan paling umum digunakan.
PowerBookDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasLangsung ke: navigasi, cari PowerBook G3 keluaran th 1998PowerBook adalah komputer laptop yang diproduksi oleh Apple Computer dari tahun 1991 hingga 2006; sebuah versi portabel dari seri Macintosh yang ditujukan untuk pasaran profesional. Sejak tahun 1999, Apple juga mengeluarkan seri yang lebih murah yang ditujukan untuk pasaran rumah tangga dan pendidikan dengan nama iBook.
Sebelum munculnya PowerBook, Apple pernah mencoba untuk menciptakan komputer portabel dengan nama Macintosh Portable. Perangkat elektroniknya mirip dengan Macintosh SE, tetapi memiliki kecepatan CPU dua kali lipat, layar LCD yang menggantikan layar tabung, dan baterai yang sangat berat namun dapat digunakan sampai sepuluh jam. Walaupun komputer tersebut tergolong bagus, tetap saja dijuluki komputer tas koper karena ukuran dan beratnya yang besar. Produk tersebut tidak laku dijual dan Apple berusaha untuk mencari solusi yang lainnya.
Tahun 2006, Apple mulai memasarkan MacBook Pro yang menggantikan lini produk PowerBook
Personal Digital AssistantDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas(Dialihkan dari PDA)Langsung ke: navigasi, cari palmOne Tungsten T5Personal Digital Assistant disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan
Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

Pocket PCDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasLangsung ke: navigasi, cari
HTC Advantage X7510I-Mate JasjarAudiovox PPC 6600AT&T 8525Samsung SCHI760Pocket PC Phone adalah penyatuan dari fungsi telepon genggam, komputer mini, dan penyempurnaan dari Personal Digital Assistant (PDA). Mayoritas memiliki fitur touchscreen, selain itu juga ada touchpad atau keyboard, memiliki layar yang besar dan spesifikasi lainnya. PDA termasuk dari Pocket PC Phone, tetapi Pocket PC Phone bukan termasuk dari PDA. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows Mobile.

[sunting] DefinisiPocket PC Phone adalah alat elektronik berbasis komputer yang bersifat mudah dibawa seperti telepon selular. Merupakan fungsi lengkap dari PDA dengan prosesor yang cepat dan dengan kapasitas memori komputer yang besar. Dengan Pocket PC Phone bisa juga berkomunikasi secara luas dengan jaringan nirkabel, sudah ada kamera, dan tentunya dapat mengubah dokumen. Pocket PC Phone awalnya adalah alternatif dari Pocket PC. Mudahnya, Pocket PC Phone adalah komputer, PDA, sekaligus telepon selular.
[sunting] FiturFitur Pocket PC Phone lebih lengkap, ada telepon (suara), Short Message Service atau yang disingkat SMS, layanan instant Messaging, e-mail, Office Windows mobile [1] (word, excel, power point), dan Personal Information Manager (PIM) seperti contact list , kalender, dll. Kapasitasnya lebih besar dalam menyimpan data. Ada slot tambahan yang menungkinkan untuk tambahan memori komputer. Selain itu juga mampu melakukan penyelarasan data dengan komputer.
[sunting] Perbedaan dengan SmartPhoneUkuran Pocket PC Phone lebih besar daripada Smart Phone. Pocket PC Phone berfungsi untuk melihat dan mengubah isi dokumen (word, excel, dan power point). Selain perbedaan mendasar dari Pocket PC Phone dan Smart Phone adalah pada sistem operasi, Smart Phone juga bisa menggubah data tapi tidak bisa secara keseluruhan berguna seperti mengubah data pada komputer, Pocket PC dan Pocket PC Phone. Pocket PC Phone menggunakan sistem operasi Windows Mobile. Tapi semakin lama, perbedaan Smart Phone dan Pocket PC Phone semakin pudar.
[sunting] Perbedaan dengan PDAPDA bisa juga mengubah dokumen seperti Smart Phone. Perbedaan mendasar antara Pocket PC Phone dengan PDA ada pada fungsi sebagai Personal Information manager (PIM), yaitu kalender, to-do list [2], contact list, notes, task, memo, dll. PDA lebih berfungsi sebagai PIM. Selain itu tidak semua perangkat PDA yang menggunakan Windows Mobile.
[sunting] Versi Sistem Operasi[sunting] Pocket PC 2000 dan Pocket PC 2002Pocket PC 2002 (beredar pada Oktober 2001) dan Pocket PC 2000 (beredar pada April 2000). Beberapa perangkat dari Pocket PC 2002 dijual sebagai Telepon Editions yang merupakan fungsi dari telepon genggam di samping fungsi dari PDA.
[sunting] Windows Mobile 2003Pada Windows mobile 2003 sudah ada Microsoft Outlook, Internet Explorer, Microsoft Word, Microsoft Excel, Windows Media Player, dll
[sunting] Windows Mobile 5Windows Mobile 5 merupakan pengembangan dan perbaikan dari Pocket PC 2003 SE. Pada versi sebelumnya, cara kerja penyimpanan data Pocket PC Phone tergantung pada baterai. Sistem operasi yang diinstall akan disimpan dalam RAM, artinya jika baterai habis perangkat akan kehilangan semua datanya.
[sunting] Windows Mobile 5.0Menyelesaikan masalah dari Windows Mobile 5 dengan menyimpan semua data pengguna di memori komputer. RAM digunakan hanya untuk menjalankan aplikasi. Akibatnya, membuat Windows Mobile 5.0 Pocket PC memiliki memori komputer yang besar dan RAM yang lebih kecil dibandingkan dengan perangkat sebelumnya.
[sunting] Windows Mobile 6Microsoft Windows Mobile 6, resmi dirilis oleh Microsoft pada 12 Februari 2007. Ada 3 versi “Windows Mobile 6 Standart” untuk Smart Phone, “Windows Mobile 6 Profesional” untuk Pocket PC Phone, “Windows Mobile 6 Classic” untuk Pocket PC. Cara kerja mirip dengan Windows Mobile 5 tetapi jauh lebih stabil.
[sunting] Windows Mobile 6.1Windows mobile 6.1 diumumkan pada 1 april 2008. Merupakan perkembangan dari versi 6. Perubahan besar dari Windows Mobile 6 adalah pengenalan pesan instan seperti Chat, Hyperlink, Video, Gambar, Files, Talk, dan Mobile capabilities.
[sunting] Windows Mobile 6.5Versi 6.5 adalah pengembangan dari 6.1 yang dirilis ke produsen telepon genggam tanggal 11 Mei 2009. Perangkat ini pertama dioperasikan pada akhir Oktober 2009. Fitur tambahan baru adalah Internet Explorer 6 yang memperbaiki versi sebelumnya. Versi ini dirancang agar lebih mudah menggunakan jari saat mengoperasikannya. Tetapi pada tahun itu, belum banyak produsen telepon genggam yang berhasil menerapkan versi ini pada perangkat mereka.
[sunting] Windows Mobile 6.5.1Lebih mempermudah mengoperasikan jari dengan adanya ikon (komputer) yang ada pada telepon genggam. Didukung oleh Assisted_GPS, meningkatkan pengolahan pesan.
[sunting] Windows Mobile 6.5.3Resmi diumumkan pada tanggal 2 Februari 2010. Sony Ericsson yang pertama kali menggunakannya, sehingga identik dengan Smart Phone. Menggunakan kontrol jari karena dilengkapi dengan layar sentuh yang tidak memerlukan kontrol stylus.
[sunting] Windows Mobile 6.5.5Sudah bocor sejak awal 2010 dan telah keluar versi ilegal pada beberapa Windows Mobile Phone. Ini memiliki beberapa fitur baru seperti Office Mobile 2010 [3].
[sunting] Pangsa pasarPocket PC Phone memiliki harga yang lebih mahal dibanding Smart Phone versi Windows Mobile. Para eksekutif yang memerlukan telepon genggam sekaligus komputer dengan fitur built-in menjadi segmentasi dari Pocket PC Phone. Layarnya besar dan biasanya memiliki keyboard, sehingga cocok bagi yang harus membaca dokumen – dokumen besar lalu mengubahnya, menonton video, dan browsing web.
[sunting] VendorBeberapa perusahaan telepon genggam yang memproduksi Pocket PC Phone adalah :
O2 [4]. O2 adalah penyedia telepon genggam dan layanan broadband bagi konsumen dan para pebisnis di Inggris. Telepon genggam O2 ada yang PDA dan Pocket PC Phone. Beberapa model Pocket PC Phone pada O2 : O2 XDA SERRA [5] , O2 XDA NEO [6] , O2 XDA TRION [7]. HTC [8]. HTC merupakan salah satu perusahaan ponsel yang berasal dari Asia. Pocket PC Phone dari HTC salah satunya adalah HTC advantage X7500 [9]. DOPOD. DOPOD adalah produsen telepon genggam yang berbasis Windows Mobile. Dopod berasal dari Taiwan dan sudah beredar di Asia serta Australia. Dopod juga memiliki Pocket PC Phone dan PDA yang sistem operasinya Windows Mobile. Salah satu bentuk Pocket PC Phone dari Dopod adalah DOPOD U1000 [10].

Telepon pintarDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasLangsung ke: navigasi, cari
Koleksi telepon pintar. Dari kiri ke kanan, (baris atas): iPhone 3G, BlackBerry 8820, Nokia N78, Nokia N81, (baris bawah) Nokia N95, Nokia E65, Nokia N70.BlackBerry Storm, dibuat oleh Research In MotionNokia E71 telepon pintar yang menggunakan S60 edisi ketiga, Feature Pack 1 UI pada Symbian OS v9.2Palm Treo Pro, telepon pintar Windows MobileHTC Dream, telepon pintar yang menggunakan operasi sistem AndroidPalm Pre, telepon pintar yang menggunakan sistem operasi Palm webOS.Telepon pintar (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon pintar hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik built-in maupun eksternal) dan konektor VGA. Dengan kata lain, telepon pintar merupakan komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telepon.
Pertumbuhan permintaan akan alat canggih yang mudah dibawa kemana-mana membuat kemajuan besar dalam prosesor, memori, layar dan sistem operasi yang diluar dari jalur telepon genggam sejak beberapa tahun ini.
Daftar isi [sembunyikan]1 Pengertian 2 Sejarah 3 Sistem Operasi 4 Lihat pula 5 Pranala luar
[sunting] PengertianBelum ada kesepakatan dalam industri ini mengenai apa yang membuat telepon menjadi “pintar”, dan pengertian dari telepon pintar itu pun berubah mengikuti waktu. Menurut David Wood, Wakil Presiden Eksekutif PT Symbian OS, “Telepon pintar dapat dibedakan dengan telepon genggam biasa dengan dua cara fundamental: bagaimana mereka dibuat dan apa yang mereka bisa lakukan.” Pengertian lainnya memberikan penekanan berbedaan dari dua faktor ini..
“Dengan menggunakan telepon pintar hanya merupakan sebuah hanya evolusi dari jenjang-jenjang evolusi, jadi kemungkinan alat ini pada titik tertentu...akan menjadi lebih kecil dan kita tidak akan menyebutnya telepon lagi, tetapi ia akan terintegrasi...kesepakatannya di sini adalah untuk membuat alat ini menjadi se-tidak terlihat mungkin, antara anda, dan apa yang anda ingin lakukan" kata Sacha Wunsch-Vincent pada OECD (Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi).
Kebanyakan alat yang dikategorikan sebagai telepon pintar menggunakan sistem operasi yang berbeda. Dalam hal fitur, kebanyakan telepon pintar mendukung sepenuhnya fasilitas surel dengan fungsi pengatur personal yang lengkap. Fungsi lainnya dapat menyertakan miniatur papan ketik QWERTY, layar sentuh atau D-pad, kamera, pengaturan daftar nama, penghitung kecepatan, navigasi piranti lunak dan keras, kemampuan membaca dokumen bisnis, pemutar musik, penjelajah foto dan melihat klip video, penjelajah internet, atau hanya sekedar akses aman untuk membuka surel perusahaan, seperti yang ditawarkan oleh BlackBerry. Fitur yang paling sering ditemukan dalam telepon pintar adalah kemampuannya menyimpan daftar nama sebanyak mungkin, tidak seperti telepon genggam biasa yang mempunyai batasan maksimum penyimpanan daftar nama.

[sunting] SejarahTelepon pintar pertama dinamakan Simon; di rancang oleh IBM pada 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Telepon pintar tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam, telepon pintar tersebut juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan. Telepon canggih tersebut tidak mempunyai tombol-tombol. Melainkan para pengguna menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus. Teks dimasukkan dengan papan ketik “prediksi” yang unik di layar. Bagi standar masa kini, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.
Nokia Communicator merupakan telepon pintar pertama Nokia, dimulai dengan Nokia 9000, pada tahun 1996. Telepon pintar yang serupa dengan komputer tangan yang unik ini adalah hasil dari usaha penggabungan model PDA buatan Hewlett Packard yang sukses dan mahal dengan telepon Nokia yang laris pada waktu itu. Nokia 9210 merupakan komunikator berlayar warna pertama dan juga merupakan telepon pintar sejati yang menggunakan sistem operasi. Komunikator 9500 menjadi komunikator berkamera dan ber-WiFi pertama. Komunikator 9300 memiliki perubahan dalam bentuk yang lebih kecil dan komunikator yang terbaru E90 menyertakan GPS. Meskipun Nokia 9210 dapat diargumentasikan sebagai telepon pintar sejati pertama dengan sistem operasi, Nokia tetap menyebutnya sebagai komunikator.
Ericsson R380 dahulu terjual sebagai ‘telepon pintar’ tetapi tidak bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga.
Pada Oktober 2001, Handspring mengeluarkan telepon pintar Palm OS Treo, dengan papan ketik penuh digabung dengan jelajah jejaring tanpa kabel, surel, kalender, dan pengatur daftar nama, dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan komputer.
Tahun 2002, RIM mengeluakan BlackBerry pertama yang merupakan telepon pintar pertama dengan penggunaan surel nirkabel yang optimal dan penggunanya telah mencapai 8 juta (sampai Juni 2007), tiga perempat pemakainya berada di Amerika Selatan.
Handspring menyajikan telepon pintar yang popular dipasaran Amerika dengan bergabung dengan Palm OS berbasis Visor PDA dengan jaringan telepon GSM, VisorPhone. Tahun 2002, Handspring menjual telepon pintar terintegasi bernama Treo; perusahaan ini bergabung karena penjualan PDA sudah mulai mati, tetapi telepon pintar Treo secara cepat menjadi populer sebagai telepon berfitur PDA. Pada tahun yang sama, Microsoft mengumumkan Windows CE komputer kantong OS dinobatkan sebagai "Microsoft Windows Powered Smartphone 2002".
Pada tahun 2005 Nokia menerbitkan seri-N telepon pintar 3G yang dijual bukan sebagai telepon genggam tetapi sebagai komputer multimedia.
Android, OS untuk telepon pintar keluaran tahun 2008. Android didukung oleh Google, bersama pengusaha piranti keras dan lunak yang terkemuka lainnya seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.
Telepon pertama yang menggunakan Android OS adalah HTC Dream, merk keluran dari T-Mobile sebagai G1. Fitur telepon penuh, layar sentuh secara utuh, papan ketik QWERTY, dan bola jalur untuk menavigasikan halaman web. Piranti lunak cocok dengan aplikasi Google, seperti Maps, Calendar, dan Gmail, juga Google's Chrome Lite. Aplikasi pihak ketiga juga tersedia lewat Android Market, ada yang gratis ataupun dengan biaya.
Pada Juli 2008 Apple memperkenalkan App Store dengan aplikasi gratis dan dengan biaya. App store dapat menyampaikan aplikasi telepon pintar yang dikembangkan oleh pihak ketiga langsung dari iPhone atau iPod Touch dengan WiFi atau jaringan selular tanpa menggunakan komputer untuk mengunduh. App Store telah menjadi suatu kesuksesan bagi Apple dan pada Juni 2009 terdapat lebih dari 50,000 aplikasi yang ada. App store menembus satu juta unduh aplikasi pada 23 April 2009.
Mengikuti popularitas App Store dari Apple, banyak yang membuat toko aplikasinya sendiri. Palm, Microsoft dan Nokia telah mengumumkan toko aplikasi yang mirip milik Apple. RIM juga baru-baru ini membuat toko aplikasinya yaitu BlackBerry App World.

[sunting] Sistem OperasiSistem operasi yang dapat ditemukan di telepon pintar adalah Symbian OS, iPhone OS, RIM BlackBerry, Windows Mobile, Linux, Palm WebOS dan Android. Android dan WebOS dibuat oleh Linux, dan iPhone OS dibuat oleh BSD dan sistem operasi NeXTSTEP berhubungan dengan Unix.
iPhoneDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas(Dialihkan dari Iphone)Langsung ke: navigasi, cari iPhoneiPhone adalah telepon genggam yang revolusioner produksi Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan internet, misalnya untuk mengirim email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna adalah layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol. iPhone generasi pertama mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 di AS dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun). Generasi kedua, yang bernama iPhone 3G (karena disertai dengan fitur 3G) diluncurkan di berbagai negara pada 11 Juli 2008 dengan harga US$199 untuk model 8GB dan US$299 untuk model 16GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun). Generasi ketiga atau iPhone 3GS, diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009, dengan harga US$199 untuk model 16GB dan US$299 untuk model 32GB.
Kamera yang terpasang memiliki resolusi 2 megapixel untuk generasi iPhone pertama dan iPhone 3G, dan 3,2 megapixel untuk iPhone 3GS, namun, iPhone generasi pertama dan 3G tidak dapat merekam video. Tetapi dengan bantuan pihak ketiga yang banyak membuat aplikasi, hampir semua kekurangan tadi dapat diatasi. Selain itu telepon ini juga memiliki perangkat lunak yang dapat mengunggah foto. iPhone dapat memainkan video, sehingga pengguna dapat menonton televisi atau film. iPhone memiliki hampir 100 ribu aplikasi yang dijual di iTunes di computer, maupun di Apps Store langsung di iPhone. Para pengguna iPhone bahkan dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi yang dijual di Apps Store, asalkan tidak melebihi 10MB. Sistem operasi iPhone adalah versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan. Sistem operasi ini memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB. Sistem operasi dapat diupdate berkala melalui iTunes secara gratis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti kode treatment atau comment pada memo laboratorium batu mulia